Jangan Lupa Solat

Selamat surfing di Blog TAufik MArtha Andrianta

Oktober 17, 2011

TEATER NGLILIR Kembali Bercerita


PENTAS CANGKIR
Pentas Calon Anggota Teater Nglilir

2ua Malam 4mpat Pentas

21-22 Oktober 2011
Aula SMA N 1 Karanganyar
19.30 s/d 21.30 WIB

HARGA TIKET MASUK
1 Hari @Rp5.000,-
Langsung Beli Untuk 2 Hari: Rp8.000,-
(1 hari ada 2 pementasan)
Pemesanan Tiket:
Upick 085725247845

Tempat Terbatas Untuk 200 Penonton Setiap Harinya
Tiket harus dipesan dan dibeli sebelum hari H
Panitia tidak menjual tiket di tempat acara
Waspada Calo!
--------------------------------------------------------------------------------------
JADWAL PEMENTASAN

Jumat, 21 Oktober 2011
19.30WIB-20.30WIB
PERPISAHAN DI AKHIR PERSIMPANGAN
Adaptasi naskah Sebelum Sembahyang karya Kecuk Iswadi CR
SUTRADARA Taufik Martha Andrianta
STAGE MANAGER Febrika Nurmala Sari, SETTING Bayu Wicaksono, LIGHTING Mas Mel, COSTUM & MAKE UP Ana Septiana, MUSIC ENGINEER Riky Yudha Faisela
PEMAIN: Abdul Malik Choiri, Fajrian Hanif Kuncoro, Royan Adnanto, Adi Pratomo, Nila Puspita Rukmi, Giandiva Bravi

Jumat, 21 Oktober 2011
20.30WIB-21.30WIB
LARAS???
Adaptasi naskah Peti Mati karya Yessi Anwar
SUTRADARA Dukut Wahyu Nugroho
STAGE MANAGER Dea Paramitha S, SETTING Rizal Kazumainun, LIGHTING Chairur_Amourest, COSTUM & MAKE UP Agustina Rahmawati, MUSIC ENGGINEER Runner Up Duta Wisata Kra 2011
PEMAIN: Rizky Yuliantara Mustofa, Wima Lucky Desiani, Shabrina Zata Lini Hadini Putri, Angela Shinta Dara Puspita, Gilang Cahyaningtyas, Isnaini Lusitawati, Hambali Aglistya Putra, Dina Ayu Fadzila, Anisaa Kasmawardani, Rizal Kazumainun, Luthfi Khoiri.

Sabtu, 22 Oktober 2011
19.30WIB-20.30WIB
Sang Raja InGin Pandai BRsyukur
Adaptasi Naskah Raja Mati Karya Eugene Ionesco
SUTRADARA Gusmel Riyadh
STAGE MANAGER Oryza Femi Anggitya, SETTING Melon dan Rizal, LIGHTING Taufik, COSTUM & MAKE UP Ozy, MUSIC OPERATOR Dukut
PEMAIN: Rasinia Vadilla Nova, Aulia Raissara Purbana, Dadi Sutopo Jr. Alwi Ikhsan F, Rizki Fauziah Nur Fadhillah, Diky Nur M.

Sabtu, 22 Oktober 2011
20.30WIB-21.30WIB
KISAH CINTA DAN LAIN-LAIN
Karya Arifin C. Noer
SUTRADARA Chairurrahman Mardianto
STAGE MANAGER Iyunk 182, SETTING & LIGHTING Muhzazin “Njembling”, COSTUM & MAKE-UP Mardianto Amourest, MUSIC ENGINEER Andry “Yudha Dharma”
PEMAIN: Agnesia Iswara, Wahid Ibnu N, Angger Tresna K, Khunzaly S, Bayu Wicaksono, Agus S, Deszlaria Putri N, Mariska Luluk M, Taufik Martha Andrianta, Dukut WN, Melon Manalagi, Iyunk. — di SMA N 1 KARANGANYAR.

Juni 28, 2011

Musikalisasi puisi TEATER NGLILIR


NGLILIRkembali bersenandung dalam acara Lomba MUSIKALISASI puisi tingkat Provinsi di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) SOLO pada tanggal 15 Juni 2011. Dalam acara itu, NGLILIRdiberi kesempatan untuk mengangkat tropy bertuliskan “ JUARA 2 Musikalisasi puisi tingkat Provinsi”.

Dalam prosesnya, NGLILIR yang dalam Musikalisasi ini diperankan oleh Ana & Ina sebagai Vokalis, Filipus & Bayu pada gitar, Dana pada Bass, dan Taufik pada perkusi, mengalami proses yang sangat menyenangkan. Mengapa? Karena proses terjadi selama masa “SEMESTERAN”, sehingga banyak sekali halangan dan godaan. Mulai dari jadwal latihan yang setiap hari, menyebabkan pembagian konsentrasi antara Semesteran dan Latihan, hingga masalah terbesar yaitu Orang Tua.

Ijin dari orang tua itulah yang menjadi kendala terbesar NGLILIR pada saat proses. Apalagi jadwal perlombaan yang pada awalnya tanggal 3 Juni, yang notabene pada hari itu merupakan hari pertama tes, yang kemudian dirubah menjadi tanggal 15 Juni, sempat membuat sebagian dari personil menolak untuk ikut berproses karena faktor XXXyang memerankan sebagai peran antagonis. Dan akhirnya setelah perubahan jadwal perlombaan tersebut, meyakinkan para personil untuk tetap berproses.

Dan pada saat berproses, NGLILIR dibina oleh Mas Irawan dan juga Mas Dolly. Dalam lomba ini NGLILIR membawakan dua buah puisi. Puisi pertama berjudul “Tragedi Kunci Pusaka“ karya M.Dolly, dan puisi kedua berjudul “ Taman“ ciptaan Chairil Anwar.

Pada hari-H atau tepatnya ketika NGLILIR selesai perform, yang kebetulan pada saat itu memperoleh undian pertama, kami mendapatkan berita duka dari keluarga Ana gen#7yang Kakeknya meninggal dunia. Sempat rasa sedih mendiami di tiap personil, dan mungkin juara ini dapat mengobati rasa sedih semua. Walaupun NGLILIR kali ini baru bisa menjadi JUARA 2 se-provinsi.

NGLILIR RRRRRRRRR!!

April 04, 2011

Masa Lalu Yang Berkesan


Hai sobat, kali ini aku akan bercerita sedikit nih mengenai seputar cerita menarik tentang diriku. Memang sih tak ada yang begitu spesial dari diriku. Kata orang aku cakep pun tak, tampan pun tak, ganteng pun tak, bagus pun juga tak...( lhaoh, kok kaya’nya sama saja yaw,,.....Hhheee). Namun, dengan ke “tak” yang begitu banyak tersebut, ada sedikit cerita dari masa laluku yang menurutku “tak” perlu aku pendam lama- lama. Karena aku bingung mau cerita kepada siapa, maka aku pun memilih mendokumentasikannya saja melalui blog yang sederhana ini...Nah, sobat mari kita sama- sama semak ceritaku ini.

Nah cerita ini aku awali pada saat aku telah menginjak kelas 3 SD (Lhoh). Nah pada saat itu, aku bersama kakak’ku yang lebih tua dari aku ( ya iyalah ), iseng- iseng kepingin ikut lomba melukis tingkat SD se-kecamatan. Pada waktu itu namanya PORSENI, mungkin sekarang namanya menjadi POPDA & SENI (mudah- mudahan salah. Hhe). Nah itu merupakan debut pertama saya dalam partisipasi lomba kesenian yang aku sukai sejak aku TK.

Pada perlombaan tersebut, hatiku berdebar- debar, karena banyaknya orang yang mau ikut PORSENI. Maklum, dalam hari itu banyak sekali cabang dari lomba kesenian yang diperlombakan. Jadi tak heran banyak peserta, mulai dari lomba baca puisi, geguritan, dan masih banyak lagi yang ada di tempat itu. Hatiku semakin semrawut ketika waktu lomba tinggal sepersekian detik lagi (lebay). Tapi, suasana yang begitu mencekam berubah menjadi luber karena datangnya salah seorang juri yang membacakan pengumuman dalam selembar kertas. Dalam kertas itu tertera bahwa saya dan kakak saya di pastikan menjadi juara 1 putra & putri lomba melukis tingkat kecamatan. Yeeeee,...( Sebentar, kok aneh yaw Pik. Emangnya ada apa’an tow). Nah begini ceritanya. Ternyata pada saat itu yang ndaftar sebagai peserta HANYA aku dan kakak’ku saja. Jadi secara otomatis aku dan kakak’ku keluar sebagai juara...Hhheee, benar- benar awal kharir yang dramatis.

Lekastu aku dan kakakku maju ke tingkat Kabupaten. Karena sadar bahwa aku belum teruji dan aku masih sangat amatir, maka aku menambahkan porsi latihanku. Kejadian pada saat perlombaan di kecamatan lalu mungkin tak akan terulang lagi pada perlombaan kali ini. “ Mosok dow arep ra teko neh” pikirku dalam hati yang semakin menambah semangat pada diriku. Ada 17 kecamatan pada saat itu, otomatis ada 16 peserta yang menjadi lawanku. Pada saat waktu pelombaan dimulai, aku sedikit gerogi, karena aku termasuk peserta yang paling kecil, karena baru kelas 3 SD, sedangkan kebanyakan peserta sudah kelas 5 SD, tapi aku tetap semangat mengikuti perlombaan itu. Akhirnya, waktu 3 jam yang di tentukan oleh panitia telah selesai. Aku, kakak’ku, yang didampingi oleh Bapak’ku yang selaku guru penanggung jawab lukis di SD, dan sebagai orang tua kami, menunggu dengan sabar. Akhirnya panitia mengumumkan hasil perlombaan. Dan hasilnya adalah, aku kembali Juara 1. Wah, begitu senang hati’ku. Namun, kakak’ku hanya mampu pada Juara 2. Dengan demikian aku berhak mewakili Kabupaten ke tingkat Provinsi.

Akhirnya, aku bisa juga sampai ke tingkat provinsi. Namun, aku sedikit sedih, karena kakak’ku tak bisa mendampingi aku. Padahal sebelumnya, kita selalu bersama pada waktu latihan. Tapi tak apalah, masih ada banyak kesempatan kok kak. Pada suatu hari ada seorang pihak dari kabupaten yang mengabarkan sesuatu. Ternyata beliau membawa kabar baik. Kabar baiknya adalah yang menjadi Juara 1 Putri pada saat lomba kemarin mengundurkan diri,(lhoh, kayak gitu kok jadi kabar baik tow Pik?),. Iya, karena akan secara otomatis yang maju ke Provinsi adalah siswi yang menjadi juara ke-2, yang notabene adalah kakakku sendiri. Mendengar kabar tersebut, aku merasa sangat senang dan membuat semangatku membara. Lomba kali ini bisa di ibaratkan Piknik keluarga, kenapa? Karena pada bis yang aku tumpang’i itu ada aku sekeluarga ( Lhoh, kok bisa, bukannya yang ikut Cuma kamu dan kakakmu doang?). Soalnya bapakku sebagai officialku, dan ibuku sebagai official kakakku. Dalam bis itu ada temanku se SD yang ikut lomba Mocopat yang officialnya adalah guruku. Selain itu ada juga yang ikut lomba nari, dia adalah anak dari officialnya. Nah, officialnya itu adalah teman ibuku waktu kecil. Komplit bukan?.

Di Semarang para peserta lomba beristirahat di sebuah asrama. Malam sebelum perlombaan aku tak bisa tidur, yang akhirnya aku bisa tidur setelah didampingi oleh bapakku (maklum, masih anak kecil kan). Akhirnya lomba yang dinanti- nanti datang juga. Pada saat lomba aku tak kuasa meneteskan air mata, soalnya pada saat perlombaan aku anyang-anyangen atau penyakit yang sedikit- sedikit merasa ingin kencing. Mungkin pada saat itu para penonton menganggap saya bukan peserta lukis, melainkan peserta lari, soalnya banyak larinya ke kamar mandi dari pada duduk sambil melukis. Namun, aku akhirnya bisa menyelesaikan lukisanku juga. Pada saat pengumuman aku merasa sangat sedih, karena aku tak dapat Juara. Namun hatiku cukup senang, karena kakakku masuk 10 besar dari 33 kabupaten, dan temanku yang Mocopat mendapat Juara 3, dan temanku yang lomba nari mendapat Juara 1. Dilain kesempatan aku juga harus mendapatkan JUARA. “Mosok sak bis sik ora entuk nomer mung aku tok”.

Akhirnya aku pun pulang dengan damai. Capek? Pastilah, akhirnya aku sekeluarga pulang ke tempatnya kakekku. Disana aku istirahat dan menginap semalam. Pada pagi hari, bapakku mengajak aku untuk mengelilingi desa sambil naik sepeda. Nah, pada saat tiba di sebuah pabrik alkohol di dekat rumah kakekku, aku terkejut karena di tempat itu sedang diadakan lomba melukis. Langsung saja bapakku pulang ke rumah kakekku untuk mengambil peralatan lukisku. Setelah mau daftar, ada satu masalah yang terjadi, yaitu peserta harus bersekolah di wilayah kecamatan dimana letak pabrik itu berada. Namun, ada salah satu siswa yang telah daftar, namun tidak mau ikut perlombaan. Akhirnya, aku menggunakan kartu pendaftaran orang tersebut dan mengatas namakan sebagai siswa seperti anak tersebut bersekolah. Pada perlombaan tersebut akhirnya aku mendapatkan Juara yang aku idam- idamkan, walau hanya juara 3.

Mungkin itu cerita yang paling menarik menurutku selama ini. Cerita yang akan selalu menjadi kenangan bagi saya pribadi, dan orang- orang yang terlibat dalam proses kali ini.

Maret 26, 2011

Cerita di balik 26 MARET

26 MARET
Akan aku abadikan selama aku masih mengingatnya. Tak seperti hari- hari biasa, aku tampak terdiam oleh kelakuan teman- temanku yang senantiasa menyodorkan tangannya ke tanganku sambil mengucap " Selamat Ulang Tahun ". Wah, ternyata pada hari itu adalah hari Ulang Tahunku. Harapanku, dengan adanya hari itu dapat menambah gairahku untuk mengisi hari- hari ini. Banyak kenangan yang tak bisa aku lupakan begitu saja pada momentum Ulang Tahunku. Sedikit cerita kepada teman - teman saja..

  1. Tepatnya pada tanggal 26 Maret 2008. Pada saat itu aku masih duduk di SMP N 1 Karanganyar. Hari itu aku bukannya tersenyum melainkan tertunduk lesu karena pada hari itu TIM Futsal ku kena DisQualifikasi Turnamen Futsal di SMK 2 Karanganyar. Wah, hari yang dinantikan aku dan teman- teman berakhir pada kesedihan. Padahal kami sudah mempersiapkannya sejak 3 Bulan'an. Kami ikut Turnamen itu MANDIRI. Daftar sendiri, Technical Meeting sendiri tanpa ada sangkut paut pihak Sekolah. Tapi , karena adanya faktor X. Akhirnya kami dinyatakan DisQualifikasi pada ajang tersebut. Tak apalah, mungkin itu bukan hari yang baik buat aku.
  2. Tepatnya pada tanggal 26 Maret 2009. Pada saat itu hari Jum'at. Aku dan teman- temanku maen Futsal di Lapangan Futsal MEMORI di Karanganyar. Karena pada saat itu sedang semangat- semangatnya, kami futsal ampek jam 11 siang. Terus, kami singgah sebentar ke rumah MEI. Awalnya sih cuma mau istirahat bentar sambil nunggu jum'atan,. Habis Jumatan tapi kenyataannya malah tuman ampek jam 2 siang lah. Pada moment itu aku mulai menaruh sedikit benih cinta pada seorang gadis yang pada saat ini telah menjadi pacarku. Mungkin ini awal yang baik.
  3. Tanggal 26 Maret 2010, aku sudah kelas X SMA di SMA 1 Karanganyar. pada waktu itu mungkin tak ada moment spesial atau hal yang menurutku istimewa. Pada hari itu hari minggu, aku dan teman- temanku sesama anggota Teater NGLILIR mengadakan latihan Teater dari pagi ampek sore. Pada saat mau pulang seorang gadis dtang dan memberikan sebuah bingkisan kepadaku. Gadis itu merupakan gadis setahun yang lalu aku sukai yang sekarang telah menjadi pacarku. Aku tak peduli apa yang diberikan padaku, namun aku sangat peduli pada niat tulusnya itu. Kita sudah mulai bersama.
  4. Tanggal 26 Maret 2011. Aku telah berada di kelas XI IPA . Pada pagi itu aku terbangun akan suara berisik HP-ku yang mengganggu cerita tidurku. Ternyata Gadis itu lagi yang mencoba membukakan mataku hanya sekedar mengucapkan Selamat Ulang Tahun. Akhirnya aku juga hanya membalas dengan sedikit senyuman yang aku tungankan pada kumpulan huruf pesan melalui HP Q. Hari itu aku terlalu sangat jauh pada dia. Namun,dilain sisi buanyak sekali kejutan dari saudara- saudara, dan teman- teman ku yang lain. Seharian kemarin aku seperti dimanjakan oleh mereka. Mungkin hari yang bahagia.

Tapi yang membuat aku sedih...Orang Tua ku tak pernah ingat kalau aku pernah dilahirkan pada tanggal 26 Maret

Januari 09, 2011

Hargadiri INDONESIA dihadapan MALAYSIA

Sobat, nih aku punya sekilas artikel tentang harga diri negeri kita tercinta nie,.. Selepas laga final AFF kemarin, memang timnas INDONESIA disanjung- sanjung oleh semua elemen masyarakat. Namun, diluar dari itu, apa yang terjadi di MALAYSIA sana. Mereka seolah- olah telah menginjak- injak negeri kita. Lihat gambar. . .Mereka dengan bangganya menginjak- injak sal yang bertuliskan jelas INDONESIA. Bukan Timnas saja yang mereka tujukan, namun lebih luas adlah kita, sebagai bangsa besar. Mereka anggap kita ini apaan?

Namun, diluar saya sempat menjumpai salah seorang pemuda MALAYSIA, dia mengungkapkan segala yang terjadi di negerinya. Nah, semak pengakuan mereka

"Saudara-saudaraku setanah air.Ini sekedar sharing jer. Tadak maksud apapun.. Kita mungkin sedikit perlu berempati kepada negara kita ni yang nyaris tak punya identitas.

Setelah diteliti lebih jauh ternyata forumers Malaysiaku tidak pernah berfikir panjang apa yang akan dia orang tulis,seperti:

1. Dia orang mengatakan bahwa Indonesia tidak kreatif dan mengambil budaya malaysia, nyatanya. semua budaya dan lagu Indonesia telah nyata2 kita claim (batik: kita bilang batik malaysia padahal batik hanya ada satu yaitu dari Indonesia dan kualitasnya jauh lebih baik;Reog: kita hanya mengubah nama saja menjadi barongan padahal semua itu sama saja dengan reog,dll). Tidakkah itu tindakan yang salah.

2. Kita Orang kata lagu Indonesia jelek. Kenapa kita tak bisa terima kenyataan bahwa di malaysia ramai yang disukai adalah lagu2 Indonesia. Peringkat pertama Top hits di salah satu stesen radio malaysia adalah PETERPAN. Malahan lagu daerah di Indonesia kita claim. (Rasa Sayange).

3. Kita orang kata bendera dan lambang garuda Indonesia menjiplak dari Polandia, Monaco, sedangkan kita orang pun tak tau sejarah bendera Indonesia, dan kita tak tau bahwa di dunia ini ramai negara yang memiliki lambang garuda. Sedangkan bendera kita persis sama dengan Amerika hanya beda di bulan dan mataharinya saja. Tidakkah seharusnya kita sedar diri.

4. Ramai kita kata orang Indonesia bodoh2 hampir disetiap forum di negara kita ni, saya kerap melihat kata2 dr forumer yg berbunyi: indon bodoh blalala. Macam mana dengan kita..? Nama pelajar malaysia pun tidak pernah terdengar di peringkat pertama di olimpiade sains international. sedangkan indonesia, hampir setiap tahun putra-putri indonesia menang dalam olimpiade internasional bahkan sering mendapat medali emas. Dan tidakkah kita tau bahwa dokter2 Indonesia selalu menjadi guru besar dan mengajari dokter2 malaysia di negara kita ni.



5. Salah satu dari forum yang kita tulis bahwa kita bangga dijajah England. Dan kemerdekaan kita hanyalah pemberian semata dan bukan merupakan hasil perjuangan.

Baca kutipan dari Majalah Time di tahun 1957 tentang kemerdekaan Negara kita.ya :

“The Malayans .. though the curiously un-enthusiastic calm with which they received their independence was attributed by British residents to the fact that it was ‘handed to them on a platter.’”

Warga negara kita tidak puas karena kemerdekaannya seperti diberi oleh kerajaan Inggris. Time Magazine, “Malaya, A New Nation”.

Indonesia lahir dan jadi bangsa besar di dunia dengan cara yang heroik, mengusir bangsa-bangsa imperialis terbesar dunia, Belanda, Inggris, Jepang. Sukarno, Hatta, Jenderal Sudirman, Bung Tomo ,sejarah Indonesia penuh dengan pahlawan-pahlawan besar.

6. Kita orang kata Indonesia pencuri, padahal dalam kenyataanya bahwa kitalah yang pencuri (Ambalat,illegal-logging,dll).



7. Ketergantungan kita Pada Indonesia.

Ekonomi kita tergantung dengan Indonesia. Meskipun TKI cuma kuli kasar, ekonomi kita akan langsung jatoh kalau mereka tak ada.

8. Kita tak sedar, tak tau bahwa di negara kita banyak tenaga pengajar yang dari Indonesia sedangkan tenaga pengajar malaysia tidak laku di Indonesia.

9. Kita bangga dengan kekuatan militer kita karena kita tidak tahu apa2. Indonesia masuk 13 besar forces terkuat didunia sedangkan malaysia masih dibawah 60!Dan dia orang (Indonesia) selalu menjadi forces inti dari pasukan PBB International.

++ sesungguhnya masih banyak lagi kelebihan Indonesia dari malaysia hanya saja kita selalu membantah dan tidak mau menerima kenyataan ini."

Nah, setelah menyimak itu, kita sudah bisa tau bagaimana kenyataannya.

Desember 22, 2010

Surat Untuk Sahabat

Terasa lama, kita terpayung kebersamaan
Terasa lama pula, kita dibalut suka cita
Namu7n, waktu hanya jadi kengan
Ketika cinta dan kasih sayang mengalun bersama

Kutanyakan bulan, bagaimana kabarmu ?
Bulan menjawab, aku terlalu silau untuk menjawab
Ketanyakan pada sepucuk padi, sedang apa dirimu ?
Padi hanya menunduk tidak tau

Ku duduk di suasana senja
Menanti kenampakanmu tuk membantu mengangkat beban dari pundakku
Namun, kini tak ada yang menahanku dalam kesendirian
Kecuali sedih dan sepi yang kini terlalu kuakrabi ini

Aku tak bisa lagi berpaling, bahkan harus terpaksa hilang ingatan
Ketika candamu memanggil- manggil senyumku
Terima kasih wahai kau sang pujangga
Surat ini kutulis untukmu
" SAHABATKU "

November 11, 2010

Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Penegakan HAM

Teknologi informasi dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan untuk dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, sehingga akhirnya akan meningkatkan produktivitas kerja. Teknologi Informasi adalah suatu teknologi untuk mengolah data : memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, dan memanipulasi data dengan berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi ini adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi, kolektif, profesi, dan asosiasi profesi. Pada era informasi, jarak fisik atau jarak geografis bukan faktor penentu dalam interaksi manusia, atau lembaga usaha, sehingga dunia ini menjadi suatu kampung global atau “Global village”.
Perkembangan teknologi informasi telah memacu cara baru dalam kehidupan, baik dalam etika maupun estetika. Namun, jika dalam pengunaanya jika tidak memadai kuota yang dianjurkan, maka teknoloi akan mengatur kita untuk berbuat hal- hal yang menyimpang. Disisi lain teknologi informasi memiliki banyak peranan dalam membantu manusia dan memecahkan masalah. Membantu Manusia dalam : meningkatkan produktivitas, meningkatkan efektivitas, meningkatkan efisiensi, meningkatkan mutu, meningkatkan kreativitas, Problem solving (pemecahan masalah).
Kegunaan utama teknologi informasi adalah membantu dalam pemecahan masalah dengan kreativitas tinggi dan membuat manusia semakin efektif dalam memanfaakannya. Prinsip “High-tech / high-touch” adalah semakin “high-tech” teknologi informasi yang kita pertimbangkan, semakin penting untuk mempertimbangkan aspek “high-touch” dari teknologi informasi tersebut yaitu aspek manusia. Jangan meminta manusia untuk menyesuaikan dengan teknologi tetapi sesuaikan teknologi dengan manusia.
Tanggung jawab pemakai teknologi informasi akan memberikan peran yang penting dalam memaksimalkan kinerja teknologi informasi. Peran yang dimainkan pemakai adalah tahu cara menggunakan teknologi informasi dan keterbatasannya dalam berbagai situasi, pemakai harus dapat menggunakan teknologi informasi dengan benar dan beretika sehingga tidak melanggar hak, privasi dan keberadaan orang lain, pemakai harus melindungi data dan informasi yang berada di dalam sistem komputer atau yang dikirim melalui jaringan, dari kehilangan dan kerusakan.
Dalam sangkut pautnya di penerapan HAM, teknologi juga mempunyai andil besar dalam hal itu. Kita sadari ataupun tidak, kita telah berjuang dalam menegagkan HAM. Contoh nyatanya saja. Diadakannya lomba blog SMA seperti ini dengan tema “ Memperjuangkan HAM melalui IT “ ini bertujuan agar aspirasi- aspirasi para generasi muda dapat dikumpulkan menjadi satu, sehingga dapat berdampak baik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kenapa dipilih Blog sebagai sarananya? Karena untuk memaksimalkan sarana teknologi dan informasi yang ada. Ini merupakan contoh konkret penerapan IT dalam memperjuangkan HAM

November 10, 2010

Faktor yang menentukan keberhasilan dalam menegakan HAM berbasis IT


Bicara tentang penegakan HAM di Indonesia tak bisa lepas bicara tentang tingkah dan perilaku manusianya sendiri. Karena bagaimanapun yang melindungi dan yang dilindungi adalah manusia dalam kompleks suatu negara. Pemerintah sudah berupaya sekuat tenaga dalam penegakan HAM di Indonesia, namun di butuhkan metode- metode terbaru yang efektif dan efisien dalam memudahkan tugas dan kerja para penegak HAM. Dalam artikel ini kita akan belajar tentang pemeliharaan HAM dengan menggunakan asas IT. Ada beberapa faktor yang mempunyai sangkut pautnya dalam keberhasilan IT dalam penerapan atau lebih tepatnya penegakan HAM di Indonesia.  Faktor- faktor tersebut antara lain :
1.      Leadership,

Leadership memiliki pengertian bahwa dalam suatu komunitas atau lebih tepatnya organisasi yang besar seperti badan penegak HAM, perlu adanya pemimpin sebagai ketua dalam Badan Penegakan HAM tersebut. Hal ini menjadi sangat penting, dikarenakan sosok seorang pemimpin merupakan awal dari adanya perubahan. Pemimpin juga merupakan “kemudi” dalam organisasi tersebut. Kemudi tersebut dalam artian, mau kemana organisasi itu berbuat, itu harus di komandani atau dipimpin oleh seorang pemimpin. Tanpa adanya seorang pemimpin, sama saja kita berjalan sendiri tanpa arah.

2.      Komitmen

Setelah kita menemukan sesosok pemimpin dalam rangka memimpin organisasi tersebut, kemudian di butuhkan sebuah janji. Hal ini ditandai dengan adanya komitmen jangka panjang. Sejauh mana atau lebih tepatnya sebesar apa peran seorang pemimpin tersebut, dapat kita lihat dalam seberapa jauh komitmen yang beliau ucap. Jika komitmen tersebut dapat dilaksanakan dengan baik olh semua anggota, pasti ”hasil akhir” yang di damba-dambakan akan mudah termujud. Selanjutnya komitmen tersebut direalisasikan secara finansial maupun sumber daya manusia. Bertujuan untuk meningkatkan proses penegakan dan . pelayanan terhadap masyarakat, agar masyarakat merasa tercukupi akan HAM yang seharusnya diperoleh.
3.      Visi organisasi

Setelah menemukan sosok seorang pemimpin yang baik, kemudian pemimpin tersebut telah berkomitmen tentang tugas yang akan beliau ambil, kemudian langkah selanjutnya adalah membuat visi organisasi yang jelas. Tanpa adanya visi organisasi yang jelas tak mungkin komitmen – komitmen dari seorang pemimpin tersebut dapat terealisasikan dengan baik. Seringkali para penegak HAM yang senior yang menjadi leader dalam komputerisasi dan menjalin kerjasama dengan ahli informatika.





Infrastruktur IT dalam penegakan HAM



Dari konteks teknologi informasi dan komunikasi, dapat dikatakan bahwa berbagai aplikasi sangat potensial sekali diterapkan di penegakan HAM. Akan tetapi kita harus memperhatikan bahwa hingga saat ini secara kultural, HAM, termasuk yang sudah menerapkan infrastruktur elektronik secara canggih sebagian besar transaksi informasi mengenahi HAM masih berjalan secara face to face. Sehingga tidak salah bila ada yang mengatakan bahwa keberhasilan sistem informasi di rumah sakit 90% merupakan masalah sosial kultural dan hanya 10% saja yang merupakan masalah informatika.

Canggihnya IT


 Dunia IT semakin berkembang pesat. Komputer masa kini memiliki processing power yang lebih besar, namun memiliki ukuran yang lebih kecil. Sistim operasi semakin lama semakin user friendly. Linux menjadi pilihan banyak
praktisi IT, karena open source. Dengan perkembangan dunia IT yang semakin maju, maka sudah seharusnya semua itu dimanfaatkan untuk menyelesaikan masalah HAM. Sekarang, sistim pengawasan dan penanganan HAM sudah waktunya menggunakan teknologi canggih. Agar Hak Asasi Manusia dapat kita lindungi.
 Namun, ke depannya, sudah seharusnya pengawasan dan penanganan HAM juga ditopang secara penuh oleh berbagai perkembangan dunia IT, seperti open source, user friendly GUI, dan multi core processor. Sosioinfomatika akan semakin berperan dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat mengenai HAM secara langsung.
 Banyak sekali cara yang dapat kita lakukan dalam rangka penegakan HAM menggunakan IT. Namun, semua itu kembali kepada diri kita sendiri. Mau dibuat apa HAM di negeri ini? Mau di bawa kemana HAM di negeri ini ? Kita tak perlu banyak konsep dalam pelaksanaannya.Tapi kita hanya perlu suatu “ keberanian “ dalam pelaksanaannya. Sampai kapanpun HAM di negeri ini akan hancur tanpa adanya keberanian dan kesadaran dari diri kita masing- masing. Walaupun dalam pelaksanaannya sudah ditopang oleh IT yang canggih.

Futsal Skill

Futsal Skills -Robinho X Falcao. Watch more top selected videos about: Robinho, Falcão

Taufik M.A Dalam Cerita Gambar

PETA KARANGANYAR

Toupik Elegton Management. Diberdayakan oleh Blogger.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger