Kostenlose Backlinks bei Gratisbude.de

Jangan Lupa Solat

Selamat surfing di Blog TAufik MArtha Andrianta

November 11, 2010

Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Penegakan HAM

Teknologi informasi dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan untuk dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, sehingga akhirnya akan meningkatkan produktivitas kerja. Teknologi Informasi adalah suatu teknologi untuk mengolah data : memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, dan memanipulasi data dengan berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi ini adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi, kolektif, profesi, dan asosiasi profesi. Pada era informasi, jarak fisik atau jarak geografis bukan faktor penentu dalam interaksi manusia, atau lembaga usaha, sehingga dunia ini menjadi suatu kampung global atau “Global village”.
Perkembangan teknologi informasi telah memacu cara baru dalam kehidupan, baik dalam etika maupun estetika. Namun, jika dalam pengunaanya jika tidak memadai kuota yang dianjurkan, maka teknoloi akan mengatur kita untuk berbuat hal- hal yang menyimpang. Disisi lain teknologi informasi memiliki banyak peranan dalam membantu manusia dan memecahkan masalah. Membantu Manusia dalam : meningkatkan produktivitas, meningkatkan efektivitas, meningkatkan efisiensi, meningkatkan mutu, meningkatkan kreativitas, Problem solving (pemecahan masalah).
Kegunaan utama teknologi informasi adalah membantu dalam pemecahan masalah dengan kreativitas tinggi dan membuat manusia semakin efektif dalam memanfaakannya. Prinsip “High-tech / high-touch” adalah semakin “high-tech” teknologi informasi yang kita pertimbangkan, semakin penting untuk mempertimbangkan aspek “high-touch” dari teknologi informasi tersebut yaitu aspek manusia. Jangan meminta manusia untuk menyesuaikan dengan teknologi tetapi sesuaikan teknologi dengan manusia.
Tanggung jawab pemakai teknologi informasi akan memberikan peran yang penting dalam memaksimalkan kinerja teknologi informasi. Peran yang dimainkan pemakai adalah tahu cara menggunakan teknologi informasi dan keterbatasannya dalam berbagai situasi, pemakai harus dapat menggunakan teknologi informasi dengan benar dan beretika sehingga tidak melanggar hak, privasi dan keberadaan orang lain, pemakai harus melindungi data dan informasi yang berada di dalam sistem komputer atau yang dikirim melalui jaringan, dari kehilangan dan kerusakan.
Dalam sangkut pautnya di penerapan HAM, teknologi juga mempunyai andil besar dalam hal itu. Kita sadari ataupun tidak, kita telah berjuang dalam menegagkan HAM. Contoh nyatanya saja. Diadakannya lomba blog SMA seperti ini dengan tema “ Memperjuangkan HAM melalui IT “ ini bertujuan agar aspirasi- aspirasi para generasi muda dapat dikumpulkan menjadi satu, sehingga dapat berdampak baik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kenapa dipilih Blog sebagai sarananya? Karena untuk memaksimalkan sarana teknologi dan informasi yang ada. Ini merupakan contoh konkret penerapan IT dalam memperjuangkan HAM

2 komentar:

Futsal Skill

Futsal Skills -Robinho X Falcao. Watch more top selected videos about: Robinho, Falcão

Taufik M.A Dalam Cerita Gambar

PETA KARANGANYAR

Toupik Elegton Management. Diberdayakan oleh Blogger.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger